Minggu, 16 Oktober 2011

BAB 1 LOCAL AREA NETWORK


BAB I
LOCAL AREA NETWORK
A.      Pengenalan Istilah
Stand Alone adalah suatu istilah bagi keadaan komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain. Sebaliknya , jika komputer Anda berhungan dengan komputer dan peralatan – peralatan lain sehingga membentuk suatu grup , maka ini disebut sebagai Network ( jaringan). Sedangkan bagaimana antar komputer tersebut berhubungan serta mengatur sumber-sumber yang ada , itulah yang disebut dengan Networking (sistem jaringan ).
Bila suatu Network berada dalam satu lokasi (misalkan dalam satu gedung) maka disebut sebagai Local Area Network (LAN). Bila antar –network saling berhubungan dari lokasi ke lokasi lain yang relatif jauh (misalkan antar kota dalam satu provinsi) , maka keadaan ini disebut Metropolite Area Network (MAN) dan jaringan yang mencakup area paling luas (misalkan antar negara) disebut Wide Area Network (WAN).
B.      Fungsi Jaringan
              Dalam era informasi sekarang ini , p0enggunaan komputer merupakan suatu hal yang tidak terhindarkan dan cenderung menjadi suatu keharusan . Interkoneksi antar komputer telah menambah fungsi lain darinya, tidak hanya sebagai pengolah dan penyimpan data, melainkan sebagai alat komunikasi dan resource & information sharing.
              Dalam suatu jaringan komputer kita bisa saling berbagi pemaikaian sumber daya (resource), misalnya pemaikain printer bersama , CD-Room , floppy Disk, dsb.
              Selain itu, komputer dalam suatu jaringan dapat menjadi alat komunikasi dan information sharing yang efektif, misalnya dengan teleconference meeting, internet, mailing list, dsb.
C.      Tipe Jaringan
1.       Jaringan Berbasisi Server
Jaringan ini biasa disebut Client-Server , ataupun pada Win NT disebut sebagai tipe Domain.
Karakteristiknya sebagai berikut :
·         Semua Workstation (node) pada jaringan ini dikelola oleh pengontrol Domain
·         Pada pengontrol domain inilah semua account user dikumpulkan dan disimpan di databasenya
2.       Jaringan Peer to Peer
Karakteristiknya sebagai berikut :
·         Setiap PC dapat membuat account user serta berbagai sumber (sharing) sehingga masing-masing dapat bertindak sebagai client ataupun server
·         Tidak ada perbedaan sistem operasi antara PC yang berfungsi sebagai client maupun server
D.      Hardware Jaringan
Untuk membuat suatu jaringan komputer , diperlukan perlengkapan sebagai berikut :
·         Minimal ada satu komputer yang berlaku sebagai server (pusat data)
·         Ada komputer workstation (tempat kerja)
·         Sistem operasi pendukung jaringan seperti Win NT, Netware, Linux , dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar